Tuesday, April 9, 2013

Apa Kata Yosi Warsa tentang Gluten Free Diet !


Gluten Free Diet atau Diet Bebas Gluten, merupakan trend terkini yang mulai digemari banyak orang, baik di luar negeri maupun di Indonesia. Masalahnya, tidak semua makanan bebas gluten. Tapi saat ini, karena begitu besar permintaan konsumer atas produk bebas gluten, maka sekarang kita dapat menemukan beberapa produk makanan bebas gluten. Biasanya informasi ini dapat kita lihat pada label makanan. Beberapa toko menyediakan produk makanan yang di kemas dengan label bebas gluten. Beberapa restoran pun mulai menyajikan masakan bebas gluten bagi pelanggannya. 


Yosi Warsa
YOSI WARSA

Jadi apakah itu gluten? Gluten adalah sebuah protein yang dapat ditemukan pada gandum dan tepung. Awalnya makanan bebas gluten dianjurkan bagi pasien penderita celiac disease. Penderita penyakit celiac memiliki intoleransi terhadap zat gluten yang terdapat pada makanan. Jika mengkonsumsi makanan mengandung gluten, dapat mengakibatkan komplikasi seperti diare, muntah-muntah, kembung, kulit kering, maupun kejang. Oleh sebab itu, diet bebas gluten sangat penting dan perlu dianjurkan bagi penderita celiac disease.


Diet bebas gluten, tidak hanya dilakukan bagi penderita celiac disease. Saat ini, banyak sekali yang melakukan diet bebas gluten karena ingin menurunkan berat badan. Menurut Yosi Warsa - Food & Fitness Consultant, diet bebas gluten tidak dianjurkan bagi orang yang tidak mengalami alergi terhadap gluten. Bahkan menurut Yosi Warsa, diet bebas gluten bisa berbahaya bagi orang-orang yang tidak biasa melakukannya, terlebih lagi tanpa anjuran dokter. 


Sebagai ahli makanan dan fitness, Yosi Warsa mengatakan bahwa beberapa orang yang melakukan diet bebas gluten, mengalami penurunan berat badan. Tetapi hal ini bukan di karenakan oleh pengurangan zat gluten, namun pengurangan kalori makanan yang masuk kedalam tubuh. Jika diet bebas gluten dilakukan terus-menerus, hal ini bisa membahayakan tubuh kita karena dapat membatasi nutrisi dan vitamin yang masuk dalam tubuh. Defisiensi vitamin/nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita seperti vitamin B6, Vitamin B3, Zat Besi, Kalsium, Thiamin, Riboflavin dan juga Fosfor dan Zinc. 


Yosi Warsa
YOSI WARSA

Yosi Warsa juga menambahkan kalau diet bebas gluten dapat menurunkan berat badan, namun belum tentu dapat menurunkan lemak dalam tubuh. Penurunan berat badan ini terjadi karena dalam masa diet bebas gluten, seseorang harus menjauhi makanan yang mengandung gandum atau tepung seperti, roti, cereal dan pasta. Sebagai alternative, makanan yang dikonsumsi lebih cenderung pada makanan seperti buah, sayur dan kacang-kacangan. Oleh sebab itu, diet bebas gluten di anggap sebagai salah satu cara untuk menurunkan badan secara instan. 


Tetapi Yosi Warsa sebagai seorang Food & Fitness Consultant, tidak pernah menyarankan client nya untuk mengikuti diet bebas gluten atau diet jenis apapun. Menurutnya, berolahraga dan makan sehat adalah cara aman dan efektif untuk menurunkan lemak tubuh sekaligus meningkatkan produktivitas tubuh secara bersamaan. Oleh sebab itu, sebaiknya sebelum melakukan diet bebas gluten, cek dahulu dengan seorang dokter agar kebutuhan vitamin dan nutrisi tubuh dapat terpenuhi selama proses diet bebas gluten.

No comments:

Post a Comment